BI = Hutang Indonesia Sudah Mencapai Rp. 4000 Triliun

Saat ini ekonomi indonesia perlu di waspadai. Pasalnya hutang Indonesia ke luar negeri sudah mencapai 4000 triliun rupiah Jumlah yang sangat banyak untuk dibayarkan. Total hutang indonesia semakin naik sejak presiden Jokowi menjabat. Meskipun hutang menumpuk indonesia telah diselesaikan oleh pemerintahan SBY namun pada pemerintahan baru utang kembali di buka.



Dampak hutang ini langsung terjadi di masyarakat. Karena semua harga jadi naik ataupun tetap mahal. Salah satu contohnya adalah harga bbm yang tak kunjung turun. Ataupun dicabutnya subsidi listrik (rencana). Hutang ini memang tidak terlihat sangat besar karena memang itu jumlah wajar.

Hutang indonesia pada januari lalu adalah 308 milyar Dollar dengan dikonversikan ke rupiah dengan kurs saat ini 13.111 maka jumlahnya adalah 4005 Triliun rupiah. Yang menjadi komentar saya adalah siapa yang berhutang dan siapa yang akan membayar. Bahkan beberapa kebijakan Indonesia hanya memeras rakyat supaya bisa membayar atau melunasi hutang tersebut. Padahal dengan BUMN yang bergerak dengan sistematis maka hutang tersebut bisa terbayarkan.

Dan yang menjadi sorotan adalah kapan hutang ini akan atau tidak bertambah atau malah lunas. Semua belum diketahui.


Share on: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg LintasMe

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top